Suhu Netizen Akan Terus Mengupdate Artikel Mengenai Dunia Internet







Senin, 08 Agustus 2022

Cara Memperbaiki Memory SD Card Yang Korup Pada Folder Maupun Seluruh Data Tanpa Aplikasi Hanya Dengan Terminal Windows

| Senin, 08 Agustus 2022

Halo Kawan-kawan Suhu Netizen, kali ini saya akan memberikan tutorial mengenai cara memperbaiki memory SD Card yang error data tidak bisa dibuka. Hal ini terjadi karena saya barus saja mengalami hal ini dimana saya hampir saja kehilangan data video saya pada drone yang saya simpan di memory Sandisk 512GB, anda bisa membeli memory original Sandisk Ultra 512 yang dapat merekan 4K 60fps pada link berikut https://shope.ee/7pGhXz2oWQ.

Error yang saya alami terjadi pada folder saja bukannya error pada seluruh data di memory SD Card saya. Setelah saya menyelidiki penyabab dari masalah ini, hal ini disebabkan karena Drone saya measih melakukan proses rekam video namun saya asal cabut baterai drone yang akhirnya data biner pada video yang seharusnya memberi perintah bahwa video telah selesai direkam tidak ditulis dan mengakibatkan data dalam satu folder tidak dapat dibuka.

Kejadian ini sudah menimpa saya 2x dan saya hampir saja lupa cara untuk mengembalikan data SD Card yang error atau korup karena hal ini. Untuk itu saya membuat artikel ini dan anda bisa mem Bookmark artikel ini jika sewaktu-waktu terulang kembali masalah yang sama. Dan perlu diperhatikan, tutorial ini harusnya berhasil untuk SD Card original bukan yang Fake, contoh SD CArd fake misalnya SD Card yang tertulis 512GB namun sebenarnya kapasitas nya tak lebih dari 8GB.

Tahapan Cara Perbaiki SD Card Korupt Data Tidak Dapat Di Buka

1. Siapkan Card Reader, Anda bisa membelinya dengan harga super murah pada link berikut :

2. Colokkan SD Card menggunakan Card Reader, perhatikan Simbol Alpha numerik yg diberikan windows untuk SD Card yang error tadi, misal Drive D, E, F, dll. karena ini penting.

3. masuk ke command prompt (klik menu start, lalu ketik CMD di kotak pencarian)

4. Ketik: chkdsk /x /f e:

5. Jika di atas tidak berhasil maka ketik "chkdsk e: /f"

catatan : Jika gagal SD Card Anda mungkin berada di drive yang berbeda misal., F, G?


Cara Mengatasi The Disk is Write Protected pada Flashdisk

Beberapa kasus error ini mengaktifkan sistem keamanan pada SD Card yang otomatif menjadi mode Write Protected yang artinya komputer tidak diberi ijin untuk melakukan tulis data, yang bisa dilakukan hanya membaca data, tutorialnya ikuti gambar berikut.


Langkah-langkah ini bisa mengatasi agar tidak terjadi write protected. Kamu dapat melakukannya melalui 'Command Prompt'. Pada Command Prompt, kamu bisa mengetikkan perintah ini:
  • DISKPART
  • list disk
  • select disk 

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar